Selasa, 28 Juli 2020

Gimana sih? Sabun itu ditemukan


Sumber:freepik

Mendengar kata "sabun" mungkin tidak asing lagi di telinga kita, sabun merupakan hal penting saat kita mandi, tanpa sabun saat mandi mungkin badan kita akan terasa lengket, bau dan gatal-gatal. Tapi tahu tidak kalian kapan sabun pertama kali ditemukan di dunia?

Kali ini, admin bakal menjelaskan tentang "sabun" menurut berbagai sumber yang sudah admin rangkum. Belum ada data pasti yang menjelaskan kapan pertama kali sabun ada. Namun ada yang menjelaskan bahwa sabun ditemukan dibukit sapo.

Sapo merupakan sebuah bukit yang biasa dijadikan sebagai tempat pemotongan hewan kurban dalam upacara. Ketika hujan, sisa lemak itu tercampur abu kayu dan mengalir ke sungai tiber dibawah gunung. Dan tidak terduga, saat masyarakat sekitar sungai mencuci pakaian dan mandi, air disungai menghasilkan busa dan pakaian yang dicuci disungai menjadi bersih tidak seperti biasanya. Nah, dari situlah sabun mulai dikenal oleh para romawi kuno.

Di Prancis, mulai terdengar penggunaan sabun menggunakan abu kayu, dicampur air laut, abu, dan minyak zaitun pada tahun 1400 an SM.

Kemudian ditahun 1500 SM, dokumen medis Mesir Kuno mencatat kombinasi minyak nabati dan minyak hewani ditambah garam alkali membentuk bahan seperti sabun yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit dan digunakan untuk membersihkan badan dari kotoran.

Sabun sebagai alat pembersih tubuh mulai terungkap pada tahun sekitar 2800 SM oleh orang Babilonia.

Produk sabun mulai berkembang dan dibuat secara masal oleh Proctor & Gamble (P&G) yang mulai mengetahui pentingnya merek. Ditahun 1930 permintaan sabun mulai sangat besar. Kini sabun mandi berbentuk batang maupun cair dengan berbagai tujuan mulai dari melembutkan, mencerahkan, dan membebaskan dari bakteri mulai tersebar dipasaran dengan harga yang sangat terjangkau. Nah itulah penjelasan Sejarah "Sabun" dari berbagai sumber yang saya rangkum hingga menjadi versi saya sendiri.

0 komentar

Posting Komentar